Thursday, May 10, 2012

Mahasiswa IAIN Studi Naskah Ke Kediaman Tarmizi A Hamid



BANDA ACEH – Belasan mahasiswa jurusan Sastra Arab Fakultas Adab IAIN Ar Raniry Banda Aceh melakukan studi naskah ke kediaman kolektor manuskrib, Tarmizi A Hamid, Rabu, 9 Mei 2012.

Kegiatan ini dibuat agar mahasiswa lebih mengenal manuskrip secara langsung, baik dari segi fisik, karakteristik dan keunikannya, ataupun kodikologi dan kandungan isi naskahnya. Dengan adanya studi naskah ini mahasiswa dapat membaca, menyentuh dan menganalisa manuskrip secara langsung sehingga minat mereka semakin besar untuk mengkaji naskah.

Tarmizi A Hamid dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa, dengan begitu koleksi naskahnya yang sudah disimpan bertahun-tahun bisa berguna untuk mahasiswa Aceh.


“Ini sangat tepat, karena naskah-naskahnya sudah direstorasi, sudah saatnya naskah tersebut dikaji kandungannya oleh generasi Aceh, bukan hanya dari luar negeri. Selama ini banyak sekali peneliti dari luar yang meminta untuk mengkaji naskah saya, padahal mahasiswa dai Aceh tidak kalah banyak, hanya kurang akses dan informasi saja,” kata Tarmizi kepada mahasiswa.

Hermansyah M. Hum, filolog sekaligus dosen dalam tim tersebut mengatakan IAIN mempunyai peluang dan peran penting dalam pengkajian naskah klasik, baik secara keilmuan, khazanah maupun kearifan masyarakat terutama yang menyangkut dengan keislaman dan ke Acehan.

“Kita berharap nantinya IAIN terdapat pusat penelitian manuskrip, dengan demikian dapat membangkitkan semangat pengkajian dan penelitian mahasiswa dan dosen di kampus. Kesempatan emas tersebut dapat bekerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintahan seperti Museum, lembaga swasta atau dengan koleksi pribadi masyarakat Aceh.”[]
Post a Comment

Hermankhan Google+ Followers

Copyright © 2015 Herman Khan | Portal Manuskrip Aceh dan Malay | Distributed By Blogger Template | Designed By Blogger Templates
Scroll To Top