Monday, September 23, 2013

Sarakata Penanggulangan Hama Tikus di Aceh [1]

“Qaulul haqq walau kana murran”.

Hijrah Nabi SAW sanah Seribu Dua Ratus Enam Tahun pada tahun Zai pada bulan Safar pada Dua Puluh Tujuh Hari bulan, [27 Safar 1206 H] pada hari Senin, pada waktu Zuhur, insya Allah Ta'ala.
Dengan berkat mukjizat khatimul anbiya' wa sayyidul mursalin, 
dan dengan berkat syafaat segala anbiya’ wal-mursalin, 
dan dengan berkat sahabat yang empat radhiallahu 'anhum ajma'in, 
dan dengan berkat segala sahabat ridhwanullah 'alaihim ajma'in, 
dan dengan berkat karamat as-sultan al-arifin sayyid syekh Muhyiddin Abdul Qadir Jailani, 
dan dengan doa segala Qutub ar-rabbani ghaust al-hamdani [samadani], 
dan dengan berkat seumpena segala auliya Allah al-shalihin al-'abidin min masyariqi al-ardhi ila magharibiha, 
dan dengan berkat apuwah paduka marhum sekalian raja Rum, 
dan dengan berkat apuwah paduka sayyid al-Mukammil, 
dan dengan berkat apuwah paduka Meukuta Alam, 
dan dengan berkat apuwah paduka marhum 'Alauddin Ahmad Syah, 
dan dengan berkat apuwah paduka marhum 'Alauddin  Johan Syah, 
dan dengan berkat apuwah  paduka marhum 'Alauddin Mahmud Syah, 

dan dengan berkat yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan serta bertambah-tambah pangkat yang tinggi, yaitu Sayyidina wa maulana paduka sri Sultan 'Alauddin Muhammad Syah Johan berdaulat zillullah fil Alam, yang dalam tahta kerajaan negeri Aceh Bandar Darussalam.

Dewasa itulah Teuku bin Hakim yang bernama Raja Seukayu Meurah, dan Teuku bin Panjoe, dan Teuku Keujruen Muda Poedum, dan Teuku Keujruen Pangsa, dan segala tuha semuanya memberi hadiah tanah glee Leulhab (Leulhob) akan Teungku Sayyid Abdurrahman bin 'Alwi anak cucu Teungku Sayyid Ahmad Habsyi, teunongnya Teungoh Paya, dan timuenya Glee Putoeh, dan baroehnya Teungoh Blang, dan baratnya Ulee Neuhen ditengahnya koh tanoeh yang sudah akad sudah kabul.
Bermula hadiahnya pada masa Teuku Chik Tuha yang bernama Setia Diraja, dan pada masa syaikhuna wa qudwatuna Teungku Peusangan, dan pada masa khanduri blang dibawah Glumpang bineh kampoeng, dan pada masa tikoh krut padi, nyanka sebab geubri tanoh glee nyan keu Teungku Sayyid Abdurrahman.
Kemudian nibak nyan di Teungku Sayyid Abdurrahman neubri glee nyan keu teumpat tikoh pakan, neubri keu tikus karena Teungku Sayyid Ahmad Habsyi yue duek tikoh bandum jie keunan, bek jie krut-krut padi lee, jikalau han jitem duek keunan neu poh jih bandum, teuh tikoh yang neuyu duek keunan jih, tikoh yang duek di dalam  gampoeng Peusangan yang siblah Krueng, yaitu tunoengnya glee mirah phoen dan timuenya Krueng Leubeh, dan baroehnya Bangka dan baratnya Mesjid Tanoeh Tanaman neukhen lee Teungku Sayyid Abdurrahman bak Teungku Imam Pantee neuyu kheun bak seugala ureung-ureung dalam negri tikoh nyan dum Teungku Sayyid Ahmad Habsyi yue duek bak tanoh glee Leulhob. Tamat al-kalam. Amin.

--------------------------
Teks ini telah dipresentasikan oleh Hermansyah dalam papernya berjudul "Swasembada Pangan dan Penanggulangan Hama Di Aceh Periode Kesultanan (Kajian terhadap Sarakata dan Manuskrip Aceh)" di Seminar Nasional "Pangan dalam Naskah Kuno Nusantara" di Perpusnas RI Jakarta 18-19 September 2013.

0 comments:

Copyright © 2015 Herman Khan | Portal Manuskrip Aceh dan Malay | Distributed By Blogger Template | Designed By Blogger Templates
Scroll To Top