Monday, May 18, 2020

Kitab Al-Bayan fi Madhhab al-Imam Asy-Syafi’i di Aceh

Teks ini dimulai dengan “Bismillah ar-Rahmani ar-Rahim”. Hadha [al-]Bayan Ma la budda minhu minal furudh al-wajibah ‘ala madhhab al-Imam asy-Syafi’i rahimahu Allahu ‘alaihi dikenal juga kitab “al-Bayan". Kitab ini memiliki judul lengkap "Al-Bayan fi Fiqh Madhhab al-Imam asy-Syafi’i”. Sebagian kitab cetakan tidak menyebut "

Ini adalah salah satu kitab fikih rujukan dalam mazhab al-Syafi’i yang disusun oleh  al-Imam Yahya bin Abu al-Khair Salim al-‘Imrani al-Yamani (489-558H). Beliau adalah seorang tokoh ulama mazhab al-Syafi’i yang terkenal pada zamannya.

Kitab al-Bayan adalah uraian (syarah) bagi kitab Al-Muhaddhab karya Imam Abu Ishaq Ibrahim bin Ali al-Fayruzabadi al-Syirazi (476H).  Kitab al-Bayan merupakan antara kitab huraian bagi kitab al-Muhazzab yang paling terkenal dan menjadi rujukan para ulama selepasnya dalam menghasilkan karya-karya fiqh dalam mazhab Syafi’i.

Halaman pertama teks Al-Bayan


Kitab al-Bayan dinilai sebuah kitab berharga dan memberikan kontribusi besar dalam dunia fikih (syariah dan hukum). Imam Muhyiddin Abu Zakariyya Yahya bin Syaraf  al-Nawawi (676H) dalam kitabnya al-Majmu’ telah menyebutkan nama kitab al-Bayan sebagai karya fiqh yang sangat bermutu dan besar faedah.

Teks Al-Bayan ini merupakan kumpulan teks dalam sebuah naskah tenpa sampul. Manuskrip ini koleksi masyarakat di Lhokseumawe yang kami telusuri tahun 2018. Pada saat ini, kami tidak tahu nasib naskah ini masih dimiliki atau sudah berpindah tangan (lokasi) di Aceh, atau ke luar Aceh.
Halaman Akhir Teks Al-Bayan.

Sedangkan Kitab Al-Bayan ini telah diterbitkan oleh Dar al-Minhaj dalam 14 jilid termasuk jilid fihris (isi kandungan) nya. Jilid fihris diasingkan. Jilid tersebut mengandungi fihris ayat Quran, Hadis, Athar, akhbar, A’lam, fawa’idul bayan, asy’ar, kalimah masyruhah, mawarid mualif, masodir tahqiq dan sebagainya yang berkaitan.


Kitab Al-Bayan dapat didownload disini:

http://www.waqfeya.com/book.php?bid=2690

0 comments:

Copyright © 2015 Herman Khan | Portal Manuskrip Aceh dan Malay | Distributed By Blogger Template | Designed By Blogger Templates
Scroll To Top