Sunday, March 04, 2012

Al-Quran berusia 500 tahun Didigitalisasi

(Republika), Manchester--Manuskrip Alquran berusia 500 tahun tengah menjalani proses digitalisasi. Kabarnya, digitalisasi Quran itu tengah berlangsung di Universitas Manchester. Proses digitalisasi yang didanai oleh Asosiasi Naskah Islam, diharapkan selesai dalam tiga minggu.

Seperti diberitakan Orlandosentinel, Selasa (25/1), digitalisasi diawali dengan pengambilan gambar Quran dari berbagai sisi. Sebanyak 940 foto telah diundu guna memberikan data-data yang diperlukan. Namun, sayang tidak dijelaskan berapa ukuran Quran dan berasal dari mana manuskrip tersebut.

Sebagai informasi, banyak manuskrip tua Quran yang beredar di Inggris. Bahkan sebelumnya, rumah lelang bergengsi Christie sempat melelang sebuah al-Quran kuno dengan harga 2, 5 juta poundsterling atau sekitar 4, 9 juta dollar. Al-Quran kuno itu diduga berasal dari kota Madinah, Arab Saudi dan sudah ada sejak pertengahan abad ke-7.

3 comments:

KANG BRAM said...

kok simpang siur ya !! kok ad 1400 th ada juga bilang 500th!! yg betul mana??

hermankhan said...

Iya, biasa ada revisi pemberitaan jika ada kesalahan.

hartosukses said...

menarik untuk diteliti

Copyright © 2015 Herman Khan | Portal Manuskrip Aceh dan Malay | Distributed By Blogger Template | Designed By Blogger Templates
Scroll To Top