Monday, March 12, 2012

Naskah Ta'bir Gempa: Antara Mitigasi dan Kearifan di Aceh

Gempa-Tsunami Aceh 26 Desember 2004 bukanlah bencana yang pertama kali terjadi di Aceh. Negeri Tanoh Rencong ini telah mengalami beberapa kali guncangan gempa dan Tsunami sebelumnya. Puluhan, bahkan ratusan tahun sebelumnya, dalam pengetahuan lokal masyarakat Aceh disebut ie beuna di wilayah Timur Laut atau smong di wilayah Timur Barat Aceh. Dan kejadian besar itu dikenal dalam manuskrip sebagai Ta'bir Gempa. 

Naskah Ta'bir Gempa adalah salah satu bukti khazanah intelektual yang merekam sejarah kebencanaan, dampak ikutan (bencana susulan) dan penanganan yang harus dilakukan oleh masyarakat sedini mungkin. Dengan pengetahuan dan pengalaman masyarakat setempat, dan kemudian disadur sebagai kearifan lokal masyarakat dalam menjalani "hidup nyaman bersama bencana".  

Gempa dan dampak bencana susulan yang diakibatkan oleh bencana itu, akan dipresentasikan dalam seminar  "Naskah Ta’bir Gempa: Antara Mitigasi Bencana dan Kearifan Lokal di Aceh (Kajian Terhadap Naskah-Naskah Kuno)" , Insya Allah  pada kegiatan Seminar International Aceh Development International Conference (ADIC) Malaysia, tanggal 26-27 Maret 2012.

Support by :

Post a Comment

Hermankhan Google+ Followers

Copyright © 2015 Herman Khan | Portal Manuskrip Aceh dan Malay | Distributed By Blogger Template | Designed By Blogger Templates
Scroll To Top