Sunday, October 27, 2019

Zawiyah Menara dan Zawiyah Meucat


Zawiyah atau Dayah adalah lembaga pendidikan Islam dan umum telah eksis sejak awal Islam menetap di Aceh. Seiring zaman, tokoh dan waktunya, zawiyah pun tumbuh dan tutup sesuai dengan kondisinya. Dua di antaranya yang pernah eksis terkenal seantero Alam Melayu adalah Zawiyah Menara dan Zawiyah Meucat, keduanya di Banda Aceh, sentral ibukota Kerajaan Aceh Darussalam.

Zawiyah Menara adalah pusat kajian Islam yang dipimpin oleh Syekh Abdurrauf al-Jawi al-Fansuri (m. 1693), seorang ulama Aceh yang paling banyak mengarang kitab daripada ulama-ulama lainnya di Aceh, dan Qadhi di 4 periode orang Sultanah di Kesultanan Aceh.

Posisi Zawiyah Menara sekarang ini berada di area makam Syekh Abdurrauf di desa/gampong Deah, Kec. Kuala Aceh, Banda Aceh. Sentral penyebaran tarekat Syattariyah di Alam Melayu dan Nusantara (Indonesia).


Sedangkan Zawiyah Meucat, (saya) belum ada informasinya. Sesuai dengan informasi manuksrip ini, zawiyah tersebut masih di Banda Aceh.

0 comments:

Copyright © 2015 Herman Khan | Portal Manuskrip Aceh dan Malay | Distributed By Blogger Template | Designed By Blogger Templates
Scroll To Top